Penjualan merek Volkswagen secara global mencapai rekor 5,1 juta unit di 2011 atau naik 13 persen dibandingkan tahun 2010. Pertumbuhan tersebut didorong oleh penjualan yang solid di pasar China, AS, Rusia dan India. China adalah pasar tunggal terbesar untuk mobil VW dengan penjualan sebanyak 1,72 juta unit, meningkat 13,8 persen dibanding 2010.
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, VW yang terjual di China menyamai angka penjualan VW di seluruh Eropa tahun lalu. Di AS, penjualan model VW naik 26,3 persen menjadi 324.400 unit, terutama didukung oleh permintaan yang kuat terhadap Passat terbaru.
Kenaikan juga terjadi di India, dengan perkembangan yang cukup mengesankan buat pabrikan Jerman ini. Di India, pasar VW tumbuh lebih dari 151 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 76.100 unit. Di Rusia, penjualan lebih dari dua kali lipat menjadi 100,4 persen, atau terjual 118.000 unit.
Di Eropa, merek VW adalah salah satu dari beberapa merek yang melaporkan pertumbuhan signifikan daripada tahun 2010, dengan penjualan meningkat 11,2 persen menjadi 1,72 juta unit, sebagian besar karena permintaan dari negara-negara belahan utara Eropa. Sebagai perbandingan, pasar mobil secara keseluruhan di Eropa tumbuh 3,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Meskipun pasar Volkswagen tumbuh kuat pada tahun 2011, Kepala Penjualan merek VW, Kristen Klinger, memperingatkan agar produsen Jerman ini tidak berpuas diri karena pasar otomotif di tahun 2012 akan lebih menantang dan berbeda daripada tahun 2011. (kpl/nzr/bun)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar